Pengertian Serta 5 Tujuan Manajemen Keuangan

Pengertian Serta 5 Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk individu sampai dengan sebuah perusahaan atau organisasi. Karena jika sudah membicarakan mengenai keuangan sendiri pada dasarnya itu merupakan hal yang sifatnya cukup krusial, memberikan dampak yang besar pula bagi kehidupan manusia, karena uang menjadi hal yang penting di tengah-tengah masyarakat saat ini, sehingga harus dikelola secara tepat. Tujuan manajemen keuangan juga banyak sehingga bagi yang sadar pasti akan menerapkannya.

Banyak ilmu yang mengajari tentang manajemen financial ini, apalagi jika berbicara mengenai ruang lingkupnya sendiri juga terbilang luas mulai dari bagian pendanaan, investasi sampai dengan pengelolaan aset juga ada disana. Semuanya tidak dapat dikerjakan oleh sembarangan orang, melainkan hanya mereka yang sudah ahli saja di bidangnya. Banyak posisi penting yang berkaitan dengan bagian yang satu ini di dalam perusahaan, posisi penting dengan salary yang cukup tinggi, jadi memang tidak dapat diisi oleh sembarangan orang.

Lalu sebenarnya apa itu manajemen keuangan ini? patut untuk Anda ketahui bahwa ini termasuk sebagai kegiatan usaha sebagai bentuk tanggung jawab yang digunakan untuk memperoleh serta menggunakan dana perusahaan untuk bisa mencapai satu tujuan tertentu, tentunya dengan cara yang efektif. Apalagi di dalam sebuah perusahaan pada dasarnya uang yang keluar masuk jumlahnya juga tidak bisa dikatakan kecil, melainkan cukup besar, sehingga harus dikelola serta dipantau secara tepat.

Ada beberapa tujuan manajemen keuangan ini yang patut diketahui, yaitu:

1. Akan membantu mempermudah perencanaan struktur modal, tentu dengan adanya manajemen keuangan yang tepat maka akan sangat membantu dalam menyeimbangkan antara ekuitas dan juga utang serta dalam merencanakan struktur modal perusahaan tersebut. Karena struktur modal perusahaan ini sendiri pada dasarnya menjadi bagian dasar juga yang akan memperkuat perusahaan tersebut dalam mengambil tindakan pada masalah keuangan mereka. Sehingga hal ini harus ditangani secara baik dan tepat.

2. Dapat membantu meminimalisir biaya serta resiko, tujuan yang lainnya adalah dalam penggunaan atau pemanfaatan uang tersebut, dimana pastinya banyak diantara Anda yang sudah tahu bahwa modal harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, hal ini ditujukan agar nantinya biaya yang dikeluarkan khususnya untuk kondisi-kondisi yang tidak terduga juga dapat lebih diminimalisir, termasuk diantaranya adalah dampak atau resiko yang mungkin akan dirasakan juga bisa diperkecil.

3. Membantu memaksimalkan keuntungan, keuntungan juga dapat dioptimalkan jika seandainya masalah financial atau keuangan ini dikelola secara baik. Karena dari dana yang sudah dimiliki sebelumnya oleh perusahaan, nantinya akan digunakan untuk hal yang tepat sasaran, sehingga memberikan dampak yang optimal pada keuntungan perusahaan tersebut, resiko-resiko yang tidak diinginkan nantinya juga bisa dihindari.

4. Berperan untuk menjaga arus kas, arus kas dalam perusahaan nantinya bisa meningkat optimal, namun sebaliknya juga bisa berada dalam kondisi yang tidak baik-baik saja atau mengalami krisis. Guna menjaga arus kas agar tidak bermasalah atau mengalami kerugian, maka dibutuhkan kegiatan pengelolaan keuangan atau management secara tepat. Karena memang managemen keuangan sendiri akan sangat berguna untuk memantau antara pemasukan dengan pengeluaran, sehingga dapat dipakai untuk antisipasi kerugian yang tidak diinginkan.

5. Perencanaan masa depan perusahaan yang lebih baik, jika keuangan dalam perusahaan dikelola secara tepat, maka nantinya kondisi arus kas selalu stabil bahkan mungkin nilainya akan senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya akan mendukung atau berguna untuk masa depan perusahaan tersebut bukan, dimana masa depan perusahaan nantinya juga bisa tergambar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Perusahaan akan terus berkembang jadi semakin besar.

Banyak bukan tujuan manajemen keuangan, sehingga bukan sesuatu yang dapat dipandang sebelah mata. Tak salah jika banyak yang mempelajari ilmu yang satu ini, apalagi untuk karyawan perusahaan yang punya tanggung jawab besar di bidang tersebut. Anda bisa semakin meningkatkan skill atau kemampuan yang dimiliki caranya adalah dengan mengikuti sesi atau program pelatihan yang ada, seperti dari Prasmul-ELI, banyak pilihan kelas berkualitas yang nantinya dapat diikuti sesuai dengan kebutuhan, buruan daftar sekarang juga.

Sumber Informasi: https://prasmul-eli.co/id/articles/Tujuan-Manajemen-Keuangan-di-dalam-Fungsi-Perusahaan

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *