Inilah Penyebab Mata Kering yang Jarang Disadari

Inilah Penyebab Mata Kering yang Jarang Disadari

Mata kering adalah kondisi saat salah satu atau kedua mata memproduksi sedikit cairan, atau lapisan air mata menguap dengan cepat. Penyebab mata kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu diabetes atau hormon. Namun masih banyak penyebab mata kering yang jarang disadari.

Pengalaman Mengenai Mata Kering

Indra penglihatan memproduksi air mata sepanjang waktu, bukan hanya menguap atau menangis saja. Mata yang sehat akan terus basah oleh cairan yang disebut lapisan air mata yang berfungsi sebagai pelindung permukaan bola mata.

Pernahkah Anda merasakan mata terasa lelah ketika menatap layar laptop atau smartphone?  Kalau saya sih jawabannya pasti pernah dong. Apalagi jika kerjaan yang mengharuskan mata berhadapan dengan layar smartphone atau laptop.

Rasanya mata sepet, mata pegel, bahkan sampai terasa perih. Keadaan yang tidak nyaman seperti ini bagi saya sangat mengganggu. Ternyata ini merupakan gejala mata kering. Setelah mencari informasi di internet ternyata penyebab saya mengalami mata kering adalah sering menatap layar smartphone atau laptop dengan jangka waktu lama.

Untungnya ada Insto Dry Eyes yang menjadi penolong saat saya mengalami mata kering. Selain disebabkan oleh menatap layar smartphone atau laptop, ternyata ada penyebab lain yang jarang disadari banyak orang yaitu sebagai berikut:

Apa Saja Penyebab Mata Kering yang Jarang Disadari?

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Bagi orang yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi akan lebih sering mengalami mata kering. Hal ini karena obat-obatan untuk mengatasi hipertensi mengandung beta blocker dan bersifat diuretik. Beta blocker mempunyai efek samping menurunkan produksi cairan di mata.

Sehingga, kandungan obat yang digunakan untuk mengobati darah tinggi itu bisa menyebabkan mata kering. Selain itu, obat jerawat minum, kontrasepsi oral, obat parkinson juga bisa menyebabkan mata kering.

Hormon dan penuaan

Hormon seperti androgen, glukagon, dan kortikotropin bisa mempengaruhi produksi lapisan air mata. Perubahan hormon terjadi pada wanita yang menopause misalnya. Hormon-hormon ini akan berkurang jumlah produksinya dan tidak akan mengeluarkan cukup cairan.

Ini juga dapat dialami oleh wanita yang menggunakan terapi penggantian hormon dan KB. Seiring bertambahnya umur, baik pria ataupun wanita berusia 50 tahun ke atas penglihatannya akan semakin menurun dan kurang tajam.

Diabetes

Diabetes ada di urutan ketiga penyebab kebutaan di Amerika Serikat. Diabetes akut bisa menyebabkan perubahan pada jaringan saraf mata. Ketika sekresi, air mata yang dikendalikan antara saraf kornea dan saraf kelenjar lakrimal menjadi terganggu sebab kerusakan saraf akibat diabetes maka menyebabkan mata kering.

Suhu Lingkungan

Banyak orang jarang menyadari bahwa suhu sebenarnya berpengaruh besar dalam membuat mata menjadi kering. Suhu yang sangat panas atau kering bisa menyebabkan menguapnya cadangan air di dalam mata. Seperti pada wilayah gurun atau saat naik pesawat.

Jika ada di kondisi ini, bisa dengan memejamkan mata selama beberapa menit untuk meminimalisasi evaporasi lapisan air mata. Sedangkan suhu yang terlalu dingin juga bisa membuat mata mengering dan rentan menyebabkan penebalan pada lapisan meibom.

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Setelah pernah mengalami gejala-gejala mata kering, saya akhirnya googling mengenai cara menangani mata kering. Beruntung sekali saya bertemu dengan #InstoDryEyes #SolusiMataKering yang sangat ampuh. Sebelum mengalami komplikasi yang lebih serius dan lebih berbahaya, segera obati dengan Insto Dry Eyes ini.

Insto Dry Eyes mengandung Hydroxtpropyl methylcellulose yang memberikan efek pelumas seperti air mata, maka bisa mengatasi mata kering dan mengurangi iritasi akibat kurangnya produksi air mata.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *